adf.ly

Minggu, 25 Desember 2016

Jenis Kerusakan Regulator TV Cina dan Solusinya


Jenis Kerusakan Regulator TV Cina dan Solusinya
Sekarang ini banyak sekali orang yang memilih mengganti mesin tv mereka dengan mesin tv cina. Diamping harga yang sangat ekonomis, mesin  cina merupakan mesin multi (bisa di pasang pada semua model tv) dan terlebih lagi produk ini sudah banyak beredar dan mudah di temukan. Sekarang ini sudah banyak tv cina buatan lokal yang beredar mulai dari tv 14” sampai 17” yang menggunakan tabung crt monitor yang juga harganya cukup murah. Namun dari segi kualitas masih belum diketahui dan tidak jarang pula banyak yang mengeluh terjadi kerusakan terlalu dini. Lain lagi dengan tv asli buatan cina yang yang mempunyai standart kualitas dan bisa dipastikan kualitasnya akan lebeh tahan lama.
Dari pengalaman saya sendiri mengenai hal ini, memang pada tv cina yang menggunakan tabung crt monitor (monitor komputer) sering mengalami kerusakan. Hal ini biasanya di sebabkan karena panas berlebih pada komponen mesin. Misalnya yang sering rusak adalah transistor horizontal yang jebol, kerusakan ic vertical, tegangan dari regulator yang tidak stabil dan lainnya. Untuk topik saya kali ini, akan saya mulai dari bagian regulator, yang mana sirkuit regulator merupakan penyuplay semua tegangan.  
Mungkin anda masih ingat topik saya beberapa waktu lalu yang membahas tentang jenis-jenis kerusakan yang sering terjadi pada TV merk china.  Kali ini saya akan coba bahas lebih jauh tentang macam-macam kerusakan dan bagaimana solusi perbaikan pada bagian regulator mesin tv china : 
Berikut adalah kerusakan yang sering terjadi dan solusinya pada regulator mesin tv cina :
1.Tegangan Drop
Tegangan drop, bergetar dan disertai dengan bunyi derik pelan pada travo travo inverter, ganti optocoupler. Kerusakan optocoupler juga mengakibatkan TR jebol dan tegangan Drop bisa juga karena C 681 2kv hangus.
2.Regulator tidak bekerja
Kerusakan biasa terjadi pada R520&521 yang melar/putus, V517/V512/V511 short, C507/C517 melar dan C516 retak,  ganti semua.
3.Tegangan tidak keluar sama sekali
Padahal sudah di cek semua komponen masih dalam keadaan bagus, ganti optocoupler.
4.Tegangan tidak stabil
Kerusakan yang mengakibatkan tegangan tidak stabil dikarenakan pada N501 dan RP511 mengalami short, ganti komponen tersebut.
5.Tegangan perlahan naik
Pertama start tegangan normal tapi lama-lama tegangan naik, terjadi karena Ttransistor A1015 yang sudah melemah (Ttransistor A1015 short mengakibatkan power suply tidak bekerja).
6.Tegangan over
Terjadi karena kerusakan pada R522 melar/putus dan V533 short. Kerusakan short V513 bisa mengakibatkan rusaknya V512 atau bisa jadi sebaliknya. Kerusakan C517 bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan pada V512.
7.Transistor regulator sering jebol/short 
Ini dikarenakan suhu yang terlalu panas dan terdapat komponen pendukung yang rusak. Solusinya, gunakan transistor yang paling sesuai  Seperti: D2498/D1710/C5088(14, 20 dan 21 inch), C5296, C5297, C5299 untuk 29 inch dan TR drivernya C3807/ C2655.
8.Transistor tiba-tiba jebol
Awalnya tegangan normal, TV pun menyala normal dan transistor tidak panas. Kemudian tiba2 transistor jebol, hal ini disebabkan karena R1K2 putus untuk bias minus ke kaki basis TR drive C3807.
9.Tegangan naik
Terjadi karena R 47K, 100K, 150K Pada rangkain Adjusment putus/melar.
10.Layar membuka dan menutub dalam hitungan detik
Pertama start gambarnya bagus setelah beberapa detik layar menutup seperti IC vertical yang rusak terus membuka lagi dan berlangsung seterusnya secara bergantian, ini terjadi kerusakan pada dioda IN4148 untuk tegangan umpan balik.
11. Gambar tv tidak sinkron
Kadang TV bisa hidup tapi kadang drop, kadang bisa hidup tapi gambar menyempit dan tidak sinkron, kerusakan terjadi pada Trimpot 2K2.
Penjelasan di atas adalah kerusakan umum yang terjadi pada regulator mesin cina. Untuk kerusakan pada bagian-bagian yang lain dari mesin tv cina, akan saya bahas pada pertemuan berikutnya. 
Terima kasih dan semoga suksek.

Tidak ada komentar: